Dampak Media Sosial Untuk Bisnis Ekonomi di Tahun 2020-2021

Masbisor
2/10/2020, 08:55 WIB Last Updated 2020-02-15T14:32:38Z
Dampak Media Sosial Untuk Bisnis Ekonomi di Tahun 2020-2021. Di tahun 2019 yang lalu, sebuah bisnis ekonomi kreatif cukup meningkat sekali dengan adanya dampak dari media sosial. Karena itu peran media sosial yang sangat berdampak bagi Ekonomi Kreatif masyarakat.

Dampak Media Sosial Untuk Bisnis Ekonomi di Tahun 2020-2021


Di tahun 2020 ini, bisnis kreatif sangatlah meningkat pesat secara global bisnis yang berdampak pada media sosial. Banyak pekerjaan baru yang pada awalnya tidak berpikir jika media sosial itu bisa digunakan untuk berbisnis. Sebut saja influencer yang sangat berpengaruh sangat besar dalam sebuah media sosial yang digunakan.

Baca juga : Cara Mudah Buat Fanspage Facebook Secara Jitu

Dengan pekerjaan baru tersebut akan membutuhkan ide kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan setiap kegiatannya. Karena itu, Media sosial menjadi salah satu objek dari ide-ide kreatif mereka. Untuk itu , semua pembahasan tadi anda telah di bawa ke dalam ekonomi kreatif yang sama dengan ekonomi mikro

Apa itu Ekonomi Kreatif ?

Ekonomi kreatif  merupakan  suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru (4.0)  yang lebih mengutamakan informasi seperti kreativitas, ide, pengetahuan dari berbagaii sumber daya manusia, sebagai faktor produksi yang paling utama dalam bisnis . Menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Baiklah itu secara singkat pengenalan ekonomi kreatif.

Baca juga : Strategi Membuat Status Jualan Di Fanspage Facebook

Dampak Peran Sosial untuk Bisnis Kreatif

Media sosial bertujuan untuk menjadi sebuah wadah dari si pengguna yang bisa berinteraksi satu sama lain (Jarak Jauh). Media sosial memiliki potensi yang sangat cocok sekali untuk berbisnis dalam segala bidang. Namun, Kegiatan di sosmed bisa dilakukan secara online atau daring yang memungkinkan manusia untuk saling tukar kabar tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.

Macam-macam sosial media berdasarkan jenisnya

1. Social Networks, tujuan utama untuk berinteraksi. Contohnya seperti Facebook dan Twitter.
2. Photo Sharing, Tujuan utama berbagi foto, Contoh : Instagram dan Pinterest.
3. Video Sharing, Tujuan utamanya untuk menunjukan video ke publik saja contohya YouTube dan Dailymotion.
4. Discuss, pengguna dapat saling berdiskusi tentang sebuah topik. Contohnya Quora, Kaskus, dan Ads.Id
5. Livestream, Penguna dapat membuat siaran langsung. contoh: Ome.tv dan Instagram Tv

Baca juga : Ada 3 Metode Pembayaran Di Fanspage Facebook Yang Bisa Digunakan

Sebenarnya setiap jenis-jenis ekonomi kreatif saat ini di tahun 2020 lebih ke dalam bentuk periklanan, arsitektur, kerajinan tangan, kuliner, dsb.. semuanya membutuhkan sebuah media sosial. Namun, jenis-jenis dibawah yang paling krusial penggunaan media sosialnya selain untuk berbisnis juga untuk branding.

Jenis-jenis Ekonomi Kreatif Sering digunakan Peran Media Sosial


1. Periklanan

Anda pasti sering melihat iklan pada sosial media. misalkan anda bermain IG maka akan muncul sebuah iklan ini merupakan dampak dari peran media sosial. Pengiklan sekarang mulai bisa mengubah arah iklan. Dahulu pengiklan berebut untuk bisa memasang sebuah iklan dalam televisi apalagi sebuah acara-acara premier. Namun sekarang telah berubah dan mengutamakan media sosial sebagai bisnis dalam periklanan.

Dan mereka mengubah pola berpikirnya karena pengguna internet yang semakin hari semakin berkembang dengan cepat. Di tambah lagi beriklan di media sosial lebih murah biayanya.

Contoh : Misalkan anda memiliki budget Rp 50.000 anda bisa beriklan di Facebook Ads dan bisa melakukan target sendiri sesuai tujuan iklan anda. Mulai dari mengubah rentangan usia yang ingin di target sampai lokasi target audience pengguna Facebook. Kita juga bisa mengatur berapa budget harian buat iklan sesuai harapan

2. Kuliner

Kuliber memilih sektor ekonomi yang berdampak postif terbesar dengan adanya media sosial. Selain pemilik usah kuliner bisa juga melakukan pemasaran melalui sosmed, individu yang memiliki passion lebih terhadap usaha kuliner bisa mengimprove diri dengan menjadi food vlogger seperti yang sudah terkenal adalah Nex Carlos dan Magdalenaf.

3. Fashion

Desain produk fashion semakin menarik pandangan. Media sosial berbasis photo sharing menjadi rencana utama tempat pemasaran produk-produk seperti kaos, jeas, sepatu, bucket hat, dan lain-lain. Dengan adanya media sosial anda bisa mempromosikan produk-produk yang dimiliki tanpa harus melakukan uang banyak.

Demikian pemahasaan kali tenang sebuah Dampak Peran Media Sosial Untuk Bisnis Ekonomi Kreatif di tahun 2020 ini. Karena anda harus bisa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk bisnis yang dimiliki. Semoga saja artikel ini bermanfaat dan jika ada saran silahkan komentar dibawah ini. Terimakasih
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment